Jumat, 17 Januari 2020

5 Brand Paling Populer di Indonesia



Persaingan  setiap brand smartphone  di dunia memang tidak ada habisnya, mulai dari pasar low-end hingga jajaran smartphone fligship sangat seru untuk diperhatikan. Namun pasar smartphone di Indonesia tidak kalah seru dibandingkan pasar global loh.

Sejak tahun 2019 lalu perusahaan riset International Data Corporation ( IDC ) merilis tentang data pengiriman smartphone di Indonesia. Dari data tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa lima brand smarphone yang menguasaj pasar smartphone di Indonesia adalah OPPO, VIVO, SAMSUNG, REALME, dan XIAOMI.

Sekarang saya akan berbagi informasi tentang lima brand smarphone yang berhasil merajai pasar smartphone di Indonesia.

1. OPPO

Oppo adalah produsen elektronik yang berasal dari Tiongkok, mereka telah berhasil membesarkan nama Oppo di belahan dunia sejak didirikan pada tahun 2004. Produk elektronik yang sudah di produksj oleh Oppo termasuk MP3 player, pemutar Media portabel, LCD-TV, eBook, pemutar DVD/Cakram Blu-ray dan telepon genggam.


Pada tahun 2013 Oppo mulai masuk ke Indonesia dengan memperkenalkan produknya yang bernama Oppo find 5. Mereka terus mencoba untuk mengembangkan produknya hingga pada tahun 2016 Oppo menciptakan jargon pada produknya “ Selfie Expert “. Sebagai perwujudan dari jargon tersebut Oppo merilis smarphone yang bernama Oppo F1 yang mengedepankan sisi kamera dengan desain dan spesifikasi yang tidak kalah premium.

Dan sekarang dengan usaha dan kerja keras mereka berhasil mendapatkan posisi 5 besar brand yang merajai pasar smarphone di Indonesia.

2. VIVO

Vivo mungkin bisa dikatan sebagai teman seperjuangan Oppo, berasal dari negara Tiongkok mereka memproduksi alat-alat elektronik berupa smarphone, layanan berbasis digital dan juga memproduksi perangkat sandang. Vivo didirikan pada tahun 2009 dan bekerja keras untuk membesarkan namanya hingga ke penjuru dunia.


Produk garapan Vivo mulai naik daun pada tahun 2012 melalui seri x1, karena menjadi smarphone pertama dengan chpiset audio hi-fi ( high fidelity ). Dan pada tahun 2013 Vivo mulai mengejutkan kembali pasar smarphone di dunia dengan merilis smarphone dengan layar 2k ( 2560x1440 pixel ) yaitu Vivo Xplay 3s. Tidak hanya itu Vivo juga pernah merilis smaprtphone tertipis didunia pada tahun 2014 dengan nama Vivo x5 max.

Vivo terus menerus mengejutkan pasar smartphone di dunia sehingga pada tahun 2014 mereka memulai debutnya di Indonesia.

3. SAMSUNG

Samsung merupakan salah satu produsen elektronik terbesar di dunia yang lahir pada tanggal 1 Maret 1938 di Korea Selatan. Samsung juga merupakan jawara pada pasar smarphone dan menjadi merek terbesar di dunia yang mengeluarkan ponsel cedas.


Sampai saat ini Samsung sudah mengeluarkan berbagai produk seperti pakaian, otomotif, bahan kimia, elektronik konsumen, komponen elektronik, peralatan medis, instrumen presisi, semikonduktor, solid-state drive, DRAM, kapal, peralatan telekomunikasi dan peralatan rumah tangga.

Pada tahun 2000-an Samsung mengeluarkan seri Galaxy yang menjadi smartphone terlaris di di dunia, mulai saat itu Samsung mulai merilis produk lainnya seperti Samsung Galaxy Tab. Hingga saat ini Samsung terus mendominasi di pasar smartphone di dunia dan menjadi brand ternama yang tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya.

4. REALME

Nama Realme terbilang masih cukup baru di pasar smartphone dunia, didirikan pada tahun 2018 lalu di Tiongkok Realme lansung mengincar menargetkan pasar global dalam penjualan smartphonennya.


Realme memulai debutnya di Indonesia pada tanggal 9 oktober 2018 dan lansung mebawa tiga varian yakni Realme C1, Realme 2 dan Realme 2 Pro. Ketiganya merupakan smartphone murah namun dengan spesifikasi yang mumpuni.

Realme hanya butuh waktu setahun untuk menjadi 10 teratas brand smartphone global, sehingga menjadikan Realme perusahaan smarphone paling berkembang di dunia. Tidak hanya itu Realme juga menjadi teratas 5 merek smarphone di India selama tiga kali berturut-turut.

5. XIAOMI

Xiaomi merupakan perusahaan elektronik swasta yang ada di Tiongkok. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 dan merupakan distributor ke-3 terbesar di dunia yang menjual prerangkat elektronik. Hingga saat ini Xiaomi telah merilis berbagai produk seperti ponsel, smartphone, komputer tablet, laptop, gelang pintar, charger portable, dan televisi.


Pada tahun 2014 mulai memperluas pemasaran produknya untuk go international termasuk salah satunya ke Indonesia. Disebut sebagai “ kuda hitam “ karena berhasil meroket menepati lima besar pangsa pasar smartphone di Indonesia dan mendapatkan gelar smartphone sejuta umat di Indonesia.

Xiaomi memang berfokus untuk menjual smartphone dengan spesifikasi gahar namun dengan harga yang relatif murah untuk smartphone sekelasnya, menjadikan smartphone garapan Xiaomi banyak disukai warga Indonesia.

Terima kasih telah membaca artikel ini, jika ada salah dari informasi yang saya sampaikan saya mohon maaf karena manusia memang tidak luput dari kesalahan. SEKIAN DAN SALAM BAHAGIA.

1 komentar: