Jumat, 17 Januari 2020

Berimajinasi melalui Desain Grafis



Menurut kalian apa itu desain grafis? Apakah hanya sekedar gambar yang ditata? Kenapa jaman sekarang banyak pengiklanan harus memerlukan seorang desainer?. Di sini saya akan berbagi pendapat tantang apa fungsi dari desain grafis.


Desain grafis adalah sebuah seni yang digunakan sebagai penyampai pesan secara visual melalui kombinasi berupa garis, warna, bentuk, dan sebagainya. Diharapkan dengan desain grafis orang-orang akan mampu memahami pesan yang disampaikan melalui sebuah karya seni serta maksud si penyampai.

Bukan hanya gambar saja yang bisa disebut sebagai desain grafis, namun tulisan juga merupakan desain grafis karena  berbentuk abstraksi simbol-simbol yang dapat dibunyikan.

Menyampaikan pesan dari sebuah gambar bukan hal yang mudah bagi seorang desainer karena memerlukan keterampilan yang terlatih serta kemampuan kognitif agar mampu menyampaikan pesan dengan tepat dan mudah dimengerti.


Seorang desainer harus memiliki prinsip bahwa sebuah desain harus bersifat komunikatif. Tidak hanya itu para desainer juga memiliki sebuah prinsip kesederhanaan, kesatuan, irama, penekanan, dan proporsi.

Yang terakhir, sebuah desain akan dapat dimengerti jika memiliki unsur garis, bentuk, tekstur, warna, ruang dan warna. Menggabungkan berbagai unsur menjadi satu kesatuan akan menjadi sebuah seni visual yang dapat dipahami oleh orang lain.

1 komentar: